Ada Yang Tahu Tentang Hacker?! Ternyata Ada Banyak Jenisnya Loh!

Prospek kerja lulusan IT memang sangat luas, bukan hanya bekerja pada perusahaan milik orang lain saja namun lulusan dari jurusan ini juga bisa bekerja secara mandiri. Jika memiliki kemampuan yang andal dalam hal pemrograman, ada banyak perusahaan yang meminta jasa dari lulusan IT ini untuk membuat sebuah program untuk perusahaannya dengan bayaran yang cukup tinggi.

Alumni dari jurusan IT juga bisa berprofesi sebagai Hacker, eeits jangan salah paham dulu karena hacker yang dimaksud disini merupakan seseorang yang memiliki kemampuan dalam bidang sistem komputer namun tidak digunakan untuk merugikan orang lain. Masih belum paham? Sebaiknya kita fahami dulu beberapa jenis hacker di bawah ini:

Black Hat Hacker

Hacker yang satu ini disebut juga sebagai cracker, merupakan hacker yang kegiatannya melakukan penerobosan dalam sistem keamanan komputer di sebuah perusahaan atau perseorangan guna melakukan sebuah kerusakan. Kegiatan pengrusakan tersebut bisa meliputi kegiatan menghapus bekas, mencuri identitas, melakukan penipuan kartu kredit, dan berbagai aktivitas lainnya yang merugikan orang lain tentunya.

Ada banyak komunitas yang mendirikan kegiatan hacker semacam ini, bahkan beberapa diantaranya dijuluki sebagai hacker mematikan di dunia karena kemampuannya dalam meretas sistem jaringan komputer milik perusahaan atau organisasi ternama seperti FBI, CIA, sistem keamanan negara, atau lainnya.

Jika ingin aman dari serangan hacker, kemampuan untuk mengenali sistem komputer yang digunakan juga sangat penting. Karenanya mengambil kuliah di bidang Ilmu Komputer menjadi dasar untuk mengamankan sistem yang dimiliki, jika terlalu sibuk karena sudah bekerja bisa juga menggunakan sistem kuliah online untuk belajar mengenai sistem komputer yang diinginkan.

White Hat Hacker

Berbeda dengan hacker yang sering meretas sistem keamanan sebuah organisasi atau perseorangan dan melakukan berbagai kegiatan yang merugikan, white hat hacker merupakan salah satu jenis hacker yang memegang teguh standar etika. Hacker yang satu ini memang melakukan kegiatan akses ke dalam sistem komputer, namun tujuannya tidak untuk merugikan melainkan untuk menguji ketahanan sebuah sistem tersebut.

Jadi bisa dikatakan bahwa hacker jenis ini menyukai kegiatan mempelajari sebuah jaringan sistem baru, tujuannya bukan untuk membobol informasi melainkan untuk menguji sistem keamanannya. Hacker jenis ini banyak digunakan jasanya oleh perusahaan atau perseorangan untuk mengetahui keamanan jaringan sistem yang dimilikinya, apakah kemungkinan akan aman dari serangan hacker jahat atau tidak.

Selain sebagai sebuah hobi, white hat hacker juga bisa menjadi salah satu prospek kerja lulusan IT yang bisa dijalani tatkala lulus dari jenjang perkuliahan. Salary yang ditawarkan untuk profesi yang satu ini terbilang menggiurkan, karena berhubungan dengan masalah keamanan data yang tentunya sangat sensitif bagi sebuah perusahaan atau orang-orang tertentu.

Diantara orang yang berprofesi sebagai white hat hacker ada banyak yang disewa oleh perusahaan atau perseorangan untuk menjadi konsultan keamanan sistem jaringan, white hat hacker inilah yang disebut sebagai hacker seutuhnya.

Grey Hat Hacker

Hacker yang satu ini menganut standar etika ganda dalam kegiatan hacking yang dilakukannya, terkadang ia menjunjung tinggi etika hacker yang ada namun di waktu yang lain juga melakukan aktivitas yang melanggar batas-batas hukum yang telah ditentukan. Sesuai dengan namanya, grey hat hacker merupakan hacker yang kadang menjadi white hat hacker, namun di lain waktu bisa juga menjadi black hat hacker.

Jadi intinya Grey Hat Hacker ini bisa sangat membahayakan bila dirinya memiliki niatan buruk, namun bisa sangat membantu jika memiliki niat yang baik.

Script Kiddie Hacker

Script kiddie hacker merupakan orang yang tidak mahir dengan sistem komputer, namun ia mampu meretas atau melakukan hacker terhadap sistem keamanan komputer orang lain. Bagaimana bisa? Hal ini berkat bantuan dari perangkat lunak yang dibuat oleh orang yang ahli dalam sistem komputer.

Jadi siapapun orangnya tanpa pernah mengikuti kuliah online atau memiliki kemampuan luar biasa dalam sistem komputer bisa melakukan kegiatan hacking semacam ini, asalkan ada perangkat lunak dan sistem komputer yang menjadi target terkoneksi dengan internet. Orang dengan sebutan script kiddie ini memiliki niatan yang buruk karena berniat menyerang sistem komputer atau deface pada website, dengan bantuan software yang didapatnya.

Hacktivist Hacker

Hacker yang satu ini bisa diartikan merupakan perpaduan dari hacker dan aktivis, disebut dengan hacktivist. Berbeda dengan jenis hacker lainnya yang tidak memiliki orientasi politik atau lainnya, hacktivist memiliki orientasi politik dan lainnya ketika melancarkan aksinya. Media digital dijadikannya sebagai penguat sebagai sarana untuk propaganda atau mendapatkan simpati dari publik, tanpa melakukan kegiatan peretasan di dalamnya.

Hacker jenis ini merupakan hacker yang memiliki kemampuan dalam sistem komputer namun kemampuannya tersebut hanya digunakan untuk pesan-pesan tertentu, seperti dalam kegiatan politik, agama, ideologi, dan lainnya. Jenis ini melakukan kegiatan perusakan situs untuk menampilkan pesan yang ingin disampaikan kepada korban.

Jadi sudah paham ya bahwa ternyata Hacker itu bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, bahkan ada hacker yang melakukan kegiatan untuk kebaikan seperti white hat hacker contohnya.

Jika memiliki kemampuan dalam sistem komputer yang mumpuni, white hat hacker bisa menjadi salah satu prospek kerja lulusan IT yang menjanjikan dengan banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa hacker satu ini sebagai konsultan keamanan dari sistem komputer yang digunakannya.