Ajarkan Anak Bersair Sejak Kecil Bagian 1

Tujuannya bukan untuk menjadikan buah hati sosok romantis yang selalu puitis. Lalu? Silakan intip berbagai manfaat kala si prasekolah belajar bersyair! Semua anak TK di Indonesia pasti tahu lagu “ Balonku”, karena ini termasuk lagu yang wajib dinyanyikan di sekolah. Selain senang menyanyikan, anak-anak itu ternyata hafal ketika diminta menyebutkan liriknya. Apa yang membuat anak-anak begitu mudah mengingat? Pertama, liriknya sederhana, tentang warna dan jumlah balon. Kedua, iramanya mudah diikuti dan lagunya juga singkat. Ketiga, ada rima dalam lirik lagu “Balonku” itu. Perhatikan pola pengulangan bunyi pada ak hir baris lagu.

Dua baris pertama berbunyi /a/, empat baris berikutnya berbunyi / au/, dan ditutup dengan dua baris berbunyi /a/. Ternyata, lagu “Balonku” jika ditulis dan dibaca seperti syair pun tak kalah menarik, bahkan berima! Hampir seluruh lagu anak-anak sepanjang masa me miliki lirik sederhana, mudah diingat, dan berima. Walau dalam bentuk lagu, lirik lagu itu pun sebetulnya mirip dengan syair yang dinyanyikan. Lagu memang tak terpisahkan dari dunia anakanak, begitu pula dengan syair yang juga bagian dari sebuah lagu. Meski syair erat dengan sajak, puisi, atau karya sastra, memperkenalkan syair pada anak ternyata bolehboleh saja, bahkan harus, karena syair punya segudang manfaat bagi perkembangan bahasa anak. Tentu mengenalkannya dengan cara yang menyenangkan.

Dasar Penguasaan Bahasa Tulis

Salah satu bagian penting dalam sebuah syair adalah rima. Rima inilah yang menjadi daya tarik syair bagi anak prasekolah. Pengulangan bunyi dengan pola tertentu pada tiap baris membuat syair menarik, sehingga mudah diingat dan dipahami anak. Pengenalan rima pen ting bagi anak prasekolah, terutama dalam memba ngun phonemic awareness (kesadaran fonemik), yakni kemampuan mendengarkan, mengidentifi kasi, dan melafalkan dengan benar suatu kata berdasarkan bunyinya. Membentuk dasar pengua saan bahasa tulis. Dengan mengulang bunyi pada pola tertentu di setiap akhir baris, anak dapat memainkan kata saat berbahasa. Ia bisa bermain mengubah dan mengganti katanya sehingga membentuk bunyi berbeda.

Selain mengajarkannya bersair dan bernyanyi tentunya juga diperlukan pelatihan berbagai bahasa untuk membantunya menghadapi dunia pendidikan kelak. http://pascal-edu.com/ merupakan situs terpercaya dalam hal pelatihana bahasa asing. Silahkan kunjungi alamat website tersebut dan dapatkan penawaran menarik.