Ajarkan Anak Bersair Sejak Kecil Bagian 2

Manfaat mengajarkan syair berima kepada anak prasekolah: ? Rima mengajari anak bagai mana berbahasa lewat perbedaan bunyi yang mun cul dalam kata-kata. ? Rima membantu anak mengenali dan memahami irama bahasa. Perbedaannya bunyi dalam kata akan mendorong anak berbicara dengan nada tertentu, yang kemudian membantu anak mengekspresikan apa yang ia baca atau bicarakan. ? Rima penting dalam membantu anak belajar menulis, bahwa kata yang berbunyi serupa biasanya juga memiliki susunan huruf yang hampir serupa.

Ajari anak untuk Mengeja dengan Benar

Contohnya, “sebentar” dan “pintar”. ? Anak mampu membayangkan dan menciptakan imajinasi saat ia mendengar kan syair dan puisi berima. Imajinasinya muncul setiap ia mendengarkan satu dua kata dan langsung memba yangkan bagaimana wujud kata tersebut. ? Lewat syair, orangtua atau guru dapat menyampaikan pesan-pesan yang mendidik, sekaligus mengajari anak tentang hal-hal baru. Misalnya, syair dalam lagu “Ba ngun Tidur” mengajak anak untuk segera mandi setelah bangun dan member sih kan tempat tidur untuk menolong ibu. Contoh lainnya, buatlah syair sendiri yang didendangkan dengan lagu tertentu. Syair itu bisa berisi pesan atau ajakan pada anak tentang kegiatan sehari-hari, mulai ajakan cuci tangan sebelum makan hingga berpakaian. ?

Banyak penelitian membuktikan, kepekaan anak pada rima akan membantunya belajar membaca. Kata berima sering memiliki urutan ejaan yang serupa dalam penulisannya. Ketika anak menyadari ada beberapa kata berbunyi mirip (misalnya, “au” dalam kata kicau, danau, kacau, hijau) hal ini memudahkan anak dalam mengeja kata-kata tersebut. Artinya, anak pu nya gambaran tentang padanan bunyi kata yang pernah ia dengar.

Ia pun lebih mudah mengingat kata yang berbunyi mirip. ? Jika kelak anak memilih berprofesi menjadi penulis, ia akan mempunyai kesabaran dalam memilih dan merangkai kata yang tepat atau sesuai, kreativitas dalam memilih kata berima serta kepekaan seni bersastra.

Disaat anak masih kecil diajarkan menyanyi dan huruf, akan tetapi orang tua tentunya juga mempersiapkannya sejak kecil untuk menghadapi dunia kerja globalisasi seperti sekarang ini. http://sat-jakarta.com/ merupakan situs jasa pelatihan tes masuk universitas luar negeri yang berpengalaman, sehingga tidak ada ragu lagi untuk memberika pelatihan kepada anak agar lancar dan bisa diterima di universitas luar negeri.