Ajarkan Anak Bersair Sejak Kecil Bagian 3

Mengajarkan syair pada anak prasekolah dapat dimulai dari cara paling sederhana, yaitu bernyanyi lagu anakanak, khususnya lagu anakanak yang bertahan sepanjang masa seperti “Balonku”. Sebab, hampir seluruh lagu anak-anak sepanjang masa memiliki syair berima kembar (a/a/a, au/au/au, i/i/i, dan seterusnya). Syair berima kembar lebih mudah diingat dan ditangkap maknanya, tanpa ada makna kiasan atau konotasi. Berikut beberapa contoh lagu anak-anak yang memenuh syarat syair: Balonku Balonku ada lima Rupa-rupa warnanya Hijau kuning kelabu Merah muda dan biru Meletus balon hijau… dorr! Hatiku sangat kacau Balonku tinggal empat Kupegang erat-erat Kring Ada Sepeda Kring-kring ada sepeda Sepedaku roda tiga Kudapat dari ayah Karena rajin bekerja Tuk tuk suara sepatu Sepatuku kulit lembu Kudapat dari ibu Karena rajin membantu Kucingku Kucingku belang tiga Sungguh manis rupanya Meang-meong bunyinya Tanda lapar perutnya Kata-kata yang bercetak tebal memiliki bunyi akhir yang sama.

Ajarkan Lewat Lagu

Setelah bernyanyi, kata-kata bercetak tebal itu bisa ditulis di kartukartu baca. Perlihatkan kartu baca pada anak dan ajak anak melafalkan bersama. Dari sini anak mengenal huruf dan bunyi yang sama. Harap diingat, metode pembelajaran yang baik dan mudah itu bermula dari hal konkret ke hal abstrak. Jadi, biarkan anak punya pengalaman dulu dengan syair, baru berikan informasi tentang syairnya. Mama Papa juga bisa memberikan benda nyata dari apa yang mereka nyanyikan. Saat melihat benda yang ada dalam lagu, nyanyikanlah lagu yang berkaitan. Jika belum dapat menghadirkan benda nyata, berilah kartu baca: satu ber isi kata-kata lagu berima, satu lagi berupa kartu-kartu bergambar sesuai benda. Ajak anak belajar dengan menanyakan benda apa itu dan biarkan anak menjawab, lalu tunjukkan kartu berima yang bertuliskan kata tersebut.

Ajarkan beberapa kali sehingga ia mulai mengenal dan tahu ada rangkaian huruf yang menyusun kata tersebut. Jika anak mulai paham, minta ia memasangkan antara kata dan gambar. Dari contoh-contoh lagu di atas, mengenalkan syair pada anak prasekolah dapat dilakukan dengan lagulagu yang memenuhi syarat syair. Anak akan senang jika bernyanyi-nyanyi lalu berlanjut dengan kegiatan mengenalkan kosakata berima sama. Anak akan mengalami pengalaman menakjubkan bahwa kata-kata bisa berima sama. Tanpa sadar sesungguhnya ia telah belajar syair, bahkan telah bersyair.

Ingin lebih lengkap memiliki pengalaman tentang mendidik anak? Kunjungi alamat website berikut ini : http://generasimaju.com/ yang memberikan berbagai tips dan trik menjadi orang tua yang baik dan dapat mendidik anak dengan baik.