Bahaya Tungau bagi Kesehatan Manusia

Dalam memperhatikan kesehatan, salah satunya yang harus kita perhatikan adalah bahaya tungau. Tungau kasur atau yang sering disebut dengan kutu busuk adalah sejenis hewan berukuran mikroskopis yang sangat umum ditemui di kasur, sprei, atau sofa.

Di balik habitatnya yang sangat umum di kasur, tungau kasur ini memiliki sejumlah bahaya bagi kesehatan manusia. Sebagaimana hewan pada umumnya, tungau kasur juga mampu melakukan gigitan, serta menghasilkan kotoran. Kedua hal inilah yang paling banyak menghasilkan bahaya bagi kesehatan manusia.

cek juga website tentang sedot tungau jakarta

Bahaya Gigitan Tungau bagi Kesehatan

Bahaya gigitan tungau untuk kesehatan manusia ada beberapa hal, yaitu:

  1. Mengakibatkan Alergi

Gigitan dari tungau kasur, mampu mengakibatkan timbulnya gejala alergi berupa rasa gatal, serta munculnya ruam merah pada kulit.  Apabila jumah tungau kasur yang menggigit semakin banyak, maka efek alergi pada kulit juga akan semakin berat.

  1. Mengganggu Saluran Pernafasan

Tungau yang masuk bersama dengan debu dan menggigit di saluran pernafasan mampu mengakibatkan alergi yang cukup membahayakan. Jik saluran pernafasan muncul alergi, maka saluran bisa mengalami penyempitan, dan orang yang mengalaminya akan mengalami kesulitan bernafas.

Hal ini menunjukkan bahwa gigitan tungau sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Untuk itu, sebaiknya sedini mungkin bahaya tungau kasur bisa segera dicegah.

cek juga artikel tentang jasa vakum tungau jakarta

Bahaya Alergi Tungau

Selain beberapa hal di atas, tungau kasur juga akan lebih membahayakan ketika seseorang mengidap asma. Hal ini dikarenakan, apabila debu beserta tungau kasur terhirup dan masuk ke saluran pernafasan, maka asma yang timbul akan sangat parah.

Bahkan, kotoran tungau yang telah bercampur dengan debu, juga akan sangat membahayakan bagi saluran pernafasan. Bagi orang yang tidak memiliki riwayat penyakit asma saja mampu mengalami gejala asma yang cukup parah.

Kotoran dari tungau pun juga mampu menyebabkan infeksi yang cukup parah. Luka akibat gigitan tungau, kemudian terpapar dengan kotoran tungau, akan menjadi infeksi kulit yang parah dan membahayakan kesehatan manusia.

Beberapa bahaya tungau kasur di atas menunjukkan bahwa tungau kasur sangat membahayakan kesehatan manusia. Dengan demikian, Anda harus bisa mencegah munculnya gangguan kesehatan akibat tungau kasur, salah satunya adalah dengan rutin membersihkan rumah beserta perlengkapannya.