Cara Mengajarkan Sholat Pada Anak Usia Dini

Cara Mengajarkan Sholat Pada Anak Usia Dini

Cara Mengajarkan Sholat Pada Anak Usia Dini – Kita semua tahu bahwa anak merupakan amana yang diberikan Allah SWT kepada para orang tua. Sudah sepatutnya jika amanah itu kita selalu jaga dengan sebaik- baiknya. Caranya yaitu dengan mendidik anak- anak dengan cara yang benar, khusunya mendidik dalam ilmu agama seperti mengajarkan mereka untuk melakukan sholat atau mengajak anak untuk sholat berjamaah di masjid.

Dalam sebuah masjid sendiri tidak lepas dari karpet masjid yang digunakan sebagai alas para jamaah untuk melakukan sholat. Saat ini banyak sekali model dan corak karpet untuk menghiasi interior masjid. Kini toko jual karpet masjid di Bekasi menyediakan berbagai jenis karpet dengan berbagai model, corak dan warna. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, Anda dapat memilih seuai dengan kebutuhan.

Kapan Seorang Anak Harus Diajarkan Sholat        

Memang tidak mudah bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya untuk belajar sholat. Karena dalam melakukan sholat membutuhkan berbagai persiapan seperti cara berwudhu, mengajari anak tentang rukun- rukun sholat, hal- hal yang diwajibkan dan disunahkan serta hal- hal yang membatarkan sholat. Berikut ini beberapa cara mengajarkan anak untuk sholat, antara lain:

  1. Orang tua harus memberikan contoh kedisipilinan dalam melakukan sholat

Cara yang pertama dalam mengajarkan anak sholat yaitu orang tua harus memberikan contoh agar anak dapat mengikuti apa yang orang tua lakukan pada saat sholat. Karena diusianya, mereka lebih melekat dengan mengamati dan memperhatikan apa yang orang tua kerjakan. Anak- anak tidak membutuhkan waktu lama, apa yang mereka perilaku orang tua dan akan menirukannya.

  1. Orang tua harus menanamkan tentang pentinnya melakukan sholat

Sejak usia asih anak- anak, sebagai orang tua sudah harus mengajarka anak arti pentingnya sholat dalam kehidupannya, yang mana sholat lima waktu merupakan kwajiban setiap manusia. Karena sholat merupakan penghubung antara manusia dengan Tuhannya yaitu Allah SWT.

  1. Mulai mengajak anak untuk melakukan sholat

Ketika seorang anak sudah bisa membedakan antara yang kanan dan kiri. Itu berarti otak anak tersebut sudah cukup berkembang. Maka saat itulah waktu yang tepat orang tua untuk mengajarkan anak untuk melakukan sholat yaitu dengan mengajaknya untuk sholat berjamaah. Maka anak akan meniru pelafalan dan juga gerakan sholat orang tuanya.