Mengenal Makna Sterilisasi Dan Juga Metode Yang Digunakan

Apa yang ada di dalam benak anda ketika mendengar kata “sterilisasi” ? Tentu hampir sebagian dari anda akan berfikir pembersihan dari kuman dan penyakit. Memang benar, meskipun ada banyak makna selain itu. Seperti kata “steril” yang digunakan dalam istilah kebidanan atau Gynecolog. Atau steril yang digunakan oleh aparat kepolisian. Baik, berbeda namun makna akar katanya sama yaitu pembersihan.

Kali ini kita akan membahas sterilisasi yang dipahami banyak orang yaitu satu tindakan yang bertujuan untuk membebaskan benda atau objek tertentu dari mikroorganisme patogen yang menempel atau mendiami satu objek tersebut. Contoh paling mudah kita sebutkan adalah sterilisasi alat – alat kesehatan di rumah sakit dan klinik.

Berbicara perihal sterilisasi, tentu ada cara atau metode yang digunakan. Nah berikut ini beberapa metode yang digunakan dalam proses sterilisasi secara umum dan khusus untuk kebutuhan tertentu.

Macam – Macam Metode Sterilisasi

sterilisasi dan metode yang digunakan

1. Metode Fisik

Disebut dengan metode fisik karena berkaitan langsung dengan fisik alat dan juga mikroorganisme tersebut. Metode fisik terbagi menjadi dua macam yaitu pemanasan dan penyinaran. Lebih rinci lagi, dalam proses pemanasan juga dikenal ada beberapa metode sebagai berikut :

  • Metode Panas Kering

Adalah metode sterilisasi dengan teknik pemanasan yang dihasilkan dari radiasi panas kering. Metode ini dilakukan dengan menggunakan alat Dry Heat Sterilizer atau sering disebut dengan Sterilisator Kering.

  • Metode Panas Uap

Yaitu metode sterilisasi yang dilakukan menggunakan uap panas. Uap ini dihasilkan dari air yang mendidih. Dalam metode ini digunakan alat yang sering disebut dengan Autoclave. Alat ini bekerja dengan menggunakan uap panas pada tekanan tinggi sehingga dinilai paling efektif diantara yang lainnya.

  • Penyinaran

Pernahkah anda melihat industri pengolahan air mineral ? Dalam proses sterilisasi air dari bakteri dilakukan dengan penyinaran menggunakan sinar UV. Sinar ini juga dapat digunakan untuk sterilisasi ruangan. Aplikasi ini sering dilakukan di rumah sakit guna mensterilisasi ruang operasi.

2. Metode Kimia

Disebut dengan metode kimia karena dalam prosesnya menggunakan bahan – bahan kimia (desinfektan) sebagai alat sterilnya. Namun proses ini terkadang merupakan langkah awal sebelum dilakukan sterilisasi fisik menggunakan pemanasan

3. Metode Mekanik

Metode ini secara khusus dilakukan pada cairan yaitu dengan cara penyaringan menggunakan filter mikro yang sangat kecil. Metode ini banyak digunakan di laboratorium kimia atau biologi.

Sekedar informasi untuk anda yang kebetulan membutuhkan alat – alat sterilisasi berkualitas baik untuk kebutuhan rumah sakit, klinik, industri anda bisa kunjungi www.gloryamedica.com. Terdapat banyak produk Autoclave murah dengan banyak pilihan merk dan volume. Anda tinggal sesuaikan dengan kebutuhan anda. Sekian, semoga bermanfaat !