Tips Merawat Karpet Agar Lebih Awet

Meskipun muncul sepele, tapi karpet adalah tidak benar satu perabot rumah tangga yang rentan sekali terkena debu dikarenakan letaknya di lantai (dan tetap diinjak). Karpet yang tidak terawat akan muncul kusam dan mengganggu estetika ruangan Anda. Selain kusam, karpet yang tidak terawat terhitung rentan sekali memiliki kandungan kuman yang beresiko bagi kesehatan.

 

pasang karpet

Merawat karpet memang susah-susah-gampang, oleh dikarenakan itu banyak orang seringkali menyepelekan perawatan karpet itu sendiri. Berikut ini adalah berasal dari satu} tips yang dapat Anda melaksanakan untuk merawat karpet kesayangan Anda di rumah:

Hindarkan berasal dari sinar matahari
Jangan biarkan sinar matahari langsung tentang karpet Anda, dikarenakan dapat membuat warna karpet cepat memudar. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat pakai tirai untuk halangi sinar matahari, yang dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk. Anda juga bisa lho mengguanakan Jasa Cuci Sofa Jakarta

Bersihkan karpet secara rutin
Membersihkan karpet adalah hal penting yang perlu Anda melaksanakan secara teratur untuk merawat karpet Anda. Paling tidak, Anda perlu membersihkannya dengan vacuum cleaner enam bulan sekali. Hanya saja, vacuum cleaner cuma dapat membersihkan debu saja. Untuk bagian dalam karpet yang sulit dijangkau, Anda dapat pakai jasa cuci karpet atau laundry.

Hindari berjalan di atas karpet dengan kaki telanjang
Banyak orang beranggapan bahwa berjalan di rumah tanpa alas kaki dapat membuat karpet bersih lebih lama. Namun analisis itu tidak seluruhnya benar. Kaki mengeluarkan minyak dan keringat yang dapat mengotori karpet. Sebaiknya, pakai kaus kaki atau slippers selagi berjalan di atas karpet.

Ubah posisi karpet secara rutin
Ubah posisi karpet Anda untuk merawat bagian khusus yang kerap terinjak-injak atau bagian khusus yang tidak terpakai. Hal ini akan mengurangi tingkat rusaknya berasal dari satu} karpet akibat penggunaan terhitung menyebarkan tingkat penggunaan ke semua permukaan karpet.

Gulung ketika tidak digunakan
Misalkan karpet di ruang TV, gulunglah kecuali sedang tidak digunakan. Hal ini untuk hindari bagian atas karpet terinjak-injak, dan juga merawat kebersihan karpet berasal dari debu yang berterbangan di rumah.

Jika Anda tidak punyai selagi untuk membersihkan dan merawat karpet Anda, tenang saja. Saat ini banyak jasa pencucian karpet yang dapat menjemput dan mengantar karpet Anda setelah dibersihkan. Jadi, Anda tinggal duduk manis di rumah dan karpet Anda pun tetap terawat!

Karpet dapat memperindah ruangan di samping punyai fungsi tersendiri semisal alas duduk dan alas meja. Karpet yang berukuran 1 mtr. x 1,5 mtr. biasanya digunakan di bawah coffe table, di depan pintu masuk, dan di ruang atau kamar tidur. Jika anda kesusahan dalam membersihkan sofa, hubungi Cuci Karpet

Sedangkan karpet berukuran 1,5 mtr. x 2 meter, 2 mtr. x 3 meter. 3 mtr. x 4 meter, 4 mtr. x 6 meter, dan 5 mtr. x 6 meter, biasanya di letakkan di ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang santai.

Kalau karpet berukuran 16 mtr. x 200 m, biasanya digunakan untuk ruang aula gedung.

Berikut ini hal-hal yang perlu anda memperhatikan agar karpetmu dapat tahan lama dengan sebutan lain awet.

Bila di atas karpet terdapat lemari yang berat, sebaiknya satu atau dua bulan sekali dipindahkan. Jangan didiamkan bertahun-tahun di atas karpet yang sama dikarenakan akan berakibat karpet cepat rusak

Setiap dua atau tiga bulan sekali, jemurlah karpet sepanjang satu jam. Posisi menjemurnya, sebaiknya bagian bawahnya dahulu dikarenakan dibagian ini daerah endapan air, setelah itu baru di balik bagian atasnya. Jangan terlampau lama menjemurnya, agar warna karpet tak pudar.

Bila karpet terkena noda, baik berasal dari makanan, minuman, air kencing, maupun darah, cara awal membersihkannya adalah pakai kain putih yang dibasahi air hangat. Kemudian peras kain berikut sampai tak terlampau basah.

Tempelkan kain putih berikut di bagian yang terkena noda. Tunggu sampai noda kotoran terserap ke kain putih. Setelah itu kain dibersihkan dengan air.

Lakukan cara itu berulang-ulang sampai noda di karpet terserap semuanya. Bila noda masih tersisa, dapat digosok perlahan searah kronologis benang tenunannya. Jangan berlawanan arah menggosoknya agar tak merusak tekstur karpet.

Mencuci karpet buatan tangan sebaiknya dibawa ke toko karpet yang mengetahui tentang tipe karpet tersebut.

Berikut cara membersihkan karpet agar bersih dan tidak merusak karpet
1. Singkirkan/bersihkan noda segera
Karpet yang kerap dilalui akan rentan pada noda, debu atau tumpahan sebaiknya dibersihkan sesegera mungkin. Hal ini dilakukan agar bakteri pada karpet tidak sampai bersarang membuat karpet menjadi bau.
2. Gunakan keset
Keset terlampau membantu merawat kebersihan karpet rumah anda. Saat memasuki rumah bisanya ada keset di letakkan di depan pintu, untuk mengelam kaki sebelum saat masuk. begitu terhitung halnya sebelum saat menginjakkan kaki diatas karpet sebaiknya pakai terlebih dahulu keset/alas kaki.
3. vakum tiap-tiap hari
Dengan memvakum tiap-tiap hari, atau paling tidak sekali 3 hari, hal ini untuk memastikan karpet anda bebas berasal dari debu atau kotoran. Karpet dapat dengan enteng dibersihkan tiap-tiap harinya pakai alat penyedot debu atau vacuum cleaner.
4. Penempatan karpet
Letak karpet terhitung berpengaruh pada kebersihan umur karpet itu. sebaiknya karpet tidak di letakkan dengan posisi terkena sinar matahari langsung dikarenakan dapat memudarkan warna karpet. Karpet terhitung sebaiknya tidak digelar di daerah yang kerap dilalui jikalau raung depan menuju dapur atau kamar mandi.
5. Simpan dengan benar
Cara penyimpanan karpat terhitung memengaruhi keawetan karpet, sebaiknya karpet disimpan setelah dibersihkan, seterusnya karpet dikemas pakai plastik agar debu atau noda tidak enteng menempel.
6. Percayakan kepada ahlinya
Bila anda tidak yaitu atau tidak punyai selagi untuk membersihkan karpet secara sendiri, selagi sekarang lumayan banyak penyedia jasa cuci karpet kantor atau apartemen, atau dengan membawanya ke laundry.